Panwaslih Aceh Utara Gelar Apel Siaga Tahapan Pemilu 2024 Secara Daring

Panwaslih Aceh Utara Gelar Apel Siaga Tahapan Pemilu 2024 Secara Daring

0
DUNIAPOTRET.COM | Aceh Utara - Bertepatan dengan hari pertama dimulainya tahapan pemilu 2024 Bawaslu RI melaksanakan apel siaga melalui zoom meting yang diikuti oleh seluruh jajaran Bawaslu, mulai dari Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/ Kota se-Indonesia , Selasa (14/6/2022).

Pada kegiatan apel siaga ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, mengatakan bahwa jajaran pengawas pemilu seluruh Indonesia harus sia siaga dalam mengawasi setiap tahapan pemilu.

Sementara itu, ketua panwaslih Aceh Utara yang didampingi oleh anggota panwaslih Aceh Utara Zulkarnaini dan koordinator sekretariat Abdurrahman melaksanakan apel lanjutan dengan jajaran sekretariat dihalaman kantor panwaslih digampong meucat kecamatan Syamtalira Aron.

Dalam sambutannya, Yusriadi menyampaikan bahwa hari ini adalah hari pertama dimulainya tahapan pemilu. "Maka perlu bagi kita semua untuk siap mengawasi tahapan pemilu melalui tiga langkah, yakni cegah aktivitas melalui sosialisasi kepada peserta pemilu maupun masyarakat lainnya,"ujar Yusriadi.

Selanjutnya, awasi, yaitu kegiatan mengawasi secara langsung pada objek tahapan yang sedang berlangsung dengan menggunakan instrumen pengawasan (form A), serta memastikan semua aktifitas kegiatan tahapan terpenuhi secara tatacara dan prosuder sebagaimana telah lah diatur dalam PKPU nantinya, serta menyusun laporan kegiatan agar semua proses pengawasan terdokumentasi secara baik.

Kemudian selanjutnya, tindak sebagai upaya terakhir yang harus dilakukan oleh panwaslih Aceh Utara terhadap penegak hukum pemilu apabila adanya dugaaan pelanggaran, baik pelanggaran administrasi dugaan tindak pidana pemilu, pelanggaran kode etik oleh penyelenggara pemilu maupun pelanggaran terhadap ketentuan perundang undangan lainnya baik yang ditemukan oleh pengawas pemilu maupun peserta pemilu, pemantau pemilu maupun masyarakat sebagai pemilih.

"Demikian juga penyeselaian sengketa proses pemilu apabila adanya pemohon penyelesaian proses pada tahapan tertentu seperti pada tahapan pencalonan anggota legislatif ditingkatk kabupaten Aceh Utara,"tuturnya.

Dia melanjutkan, berdasarkan PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 yang dimulai 14 Juni 2022, maka Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu akan mengawasi semua tahapan pemilu.

"Semoga semua proses pengawasan pemilu di panwaslih Aceh Utara dapat berlangsung secara optimal dengan berharap adanya dukungan penuh dari jajaran sekretariat,"tutupnya.

Reporter: ARIF FIRDAUS

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*