Pilkada 2024, Empat Nama Ini Santer Dibicarakan Berpeluang Maju Calon Bupati Aceh Timur

Pilkada 2024, Empat Nama Ini Santer Dibicarakan Berpeluang Maju Calon Bupati Aceh Timur

0
DUNIAPOTRET.COM | Aceh Timur,
Sesuai tahapan yang telah di tetapkan KPU RI, Pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati akan berlangsung pada oktober 2024 setelah selesai Pemilihan legislatif, Meskipun waktu masih lama di Kabupaten Aceh Timur berbagai kalangan masyarakat sudah santer memperbincangkan siapa saja figure yang layak dan berpotensi menduduki kursi Bupati Aceh Timur periode 2024-2028.

Bila dilihat dari peta dan dinamika politik di Aceh Timur, untuk calon Bupati akan muncul dari Idi -Peureulak, hal ini disamping dipengaruhi karakter, jumlah DPT, ketokohan dan history, di mana Idi sebagai pusat Ibu Kota dan Peureulak dengan jumlah DPT tertinggi disertai pengaruh geografis dan histori sebagai pusat peradaban Islam.

Daerah peureulak  muncul 2 sosok yang miliki kekuatan dan kualitas figure, yang pertama Zulfadli (Kupiah Seuke) dari putra Kecamatan Peureulak dan DR Firman Dandy, SE. M.Si yang berasal dari Kecamatan Ranto Peureulak.

Sementara untuk daerah Idi, ada 2 figure yang diperkirakan akan maju yaitu Ridwan Abubakar, S.Pd.MM(Nek Tu) dan H.Sulaiman Tole 

1. ZULFADLI (KUPIAH SEUKE)
Zulfadli merupakan salah satu  mantan kombatan GAM di wilayah Peureulak, saat ini dipercayakan oleh Muzakir Manaf(Muallem) sebagai Ketua DPW Partai Aceh Kabupaten Aceh Timur, sejak tahun 2021.

Selama ini Kupiah Seuke di kenal sebagai sosok politisi yang loyal dan mempunyai pemikiran yang moderat serta sangat terbuka. terutama dalam membangun konsolidasi partai Aceh dengan kerap  turun ke lapangan.

Bila dilihat, Zulfadli punya peluang kuat di usung sebagai Calon Bupati Aceh Timur dari Partai Aceh, samping dirinya mengendalikan partai, kedekatan dengan Muallem, serta belum ada konflik interest selama menjadi Ketua DPW.

2. DR FIRMAN DANDY, SE.M.Si
Munculnya nama Firman Dandy dalam kancah perpolitikan untuk maju sebagai calon Bupati Aceh Timur, makin menambah warna demokrasi, hal itu tak terlepas Firman Dandy berlatar belakang Birokrat tulen.

Pria kelahiran Ranto Peureulak ini, termasuk salah satu figure yang punya value(nilai jual) yang tinggi, cerdas, memiliki segudang pengalaman di Pemerintahan, ahli bidang anggaran serta punya basic keilmuan di bidang perencanaan wilayah.

Diluar Pemerintahan, Firman Dandy  aktif di berbagai organisasi, di antara nya Ketua KONI Aceh Timur, Ketua Umum IKA(Ikatan Alumni)Universitas Samudera Langsa, Direktur Lentera Meuriya Center(LMC) Research & Studies, Sekretaris Kwarcab Pramuka  Aceh Timur dan aktif di berbagai Ormas, seperti Himpunan Ulama Aceh(HUA). serta sosok pelopor pemuda inovasi.

3. H.SULAIMAN (TOLE)
Sosok Tole juga digadang-gadang kan untuk maju sebagai orang nomor satu di Aceh Timur, Tole selain sebagai pengusaha muda sukses, juga sangat aktif di berbagai OKP dan ORMAS, 

Sederet jabatan di Organisasi seperti Ketua Ikatan Motor Indonesia(IMI), Sekretaris KNPI Aceh Timur, Sekretaris KONI Aceh Timur, Pemuda Pancasila dan aktif di lembaga sosial Persaudaraan Aceh Seranto(PAS)

Selanjutnya Tole dikenal sebagai pengusaha dermawan dan aktif berinteraksi sosial di berbagai kalangan di Aceh Timur. di samping itu juga punya relasi kuat di level provinsi dan nasional.

4. RIDWAN ABUBAKAR,S.PdI.MM( NEK TU )
Popularitas mantan panglima operasi Komando pusat Gerakan Aceh Merdeka(GAM), Ridwan Abubakar yang akrab di panggil Nektu tidak diragukan lagi di kalangan masyarkat Aceh Timur, apalagi pernah menjadi rivalitas kuat Bupati Hasballah M.Thaib pada Pilkada tahun 2017 lalu. Meskipun kalah dengan selisih perolehan suara 4,500, sosok Nektu masih sangat di perhitungkan di Aceh Timur.

Nektu saat ini masih menduduki kursi DPRA dari Partai Lokal PDA, bahkan sebelum nya juga pernah terpilih sebagai anggota DPRA dari Partai Aceh dapil Aceh Timur(2014-2019).

Ke empat tokoh Aceh Timur ini di prediksikan,  akan mewarnai bursa Calon Bupati Aceh Timur baik di usung jalur Partai Politik Lokal, Koalisi Parnas maupun  jalur independen.

Meskipun ke empat figure tersebut belum menyatakan secara resmi akan maju, namun  dari pembicaraan berbagai kalangan di warung-warung kopi.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*