Pangdam Iskandar Muda Tinjau Langsung Kesiapan Lahan I'M JAGONG Wilayah Kodim 0103/Aceh Utara

Pangdam Iskandar Muda Tinjau Langsung Kesiapan Lahan I'M JAGONG Wilayah Kodim 0103/Aceh Utara

0
Aceh Utara | DUNIAPOTRET.COM – 

Dalam rangka mengoptimalkan Ketahanan Pangan Nasional Khususnya di Provinsi Aceh, Kodam Iskandar Muda dan Jajarannya akan Menggarap 3000 Hektar Lahan Jagung.

Hal tersebut disampaikan Panglima Kodam Iskandar Muda Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P, saat meninjau langsung lahan ketahanan pangan di area Kodim 0103/Aceh Utara, Rabu (10-05-2023).

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya menyampaikan bahwa Kodam IM dan jajarannya akan menjalankan Program Ketahanan Pangan di wilayah Aceh, dengan melahirkan sebuah konsep yang diberi nama I’M JAGONG dengan target capaian Program Sosio ekonomi.

Lebih lanjut ia menjelaskan dalam merealisasikan Program Pemerintah Indonesia yang saat ini tengah fokus terhadap penurunan angka inflasi dan stunting ditiap wilayah-wilayah Indonesia, salah satunya diwilayah Provinsi Aceh.

Dalam kesempatan tersebut Panglima Kodam Iskandar Muda Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P, yang di dampingi Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Kapty Hertantyawan, SH.,Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono S.I.P.,M.I.P, serta PJ Bupati Aceh Utara Azwardi Abdullah AP. Msi, turut meninjau langsung kesiapan lahan yang akan dibuka untuk ditanami Komoditi Jagung dengan luas 250 Hektar yang berada di wilayah Teritorial Kodim 0103/Aceh Utara.

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya mengatakan bahwa melalui I’M JAGONG tersebut, nantinya akan membantu kemudahan akses para Petani Jagung dengan benih, pupuk, serta pendampingan para ahli Pertanian khususnya Jagung sehingga harapannya terwujud Aceh meulimpah jagong.

“Nantinya dalam pelaksanaan akan di dampingi oleh para Babinsa yang telah dilatih teknik bertani Jagung, serta pendampingan alat pertanian agar hasil pertanian jagung ini maksimal” Jelas Panglima Kodam Iskandar Muda.

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya juga mengatakan bahwa I’M JAGONG tersebut nantinya juga akan menjadi pembeli (OFF TAKER) hasil panen tersebut agar para petani mendapat harga yang layak sehingga konsep sistem tersebut akan berputar terus.

Terkait hal itu, Danrem 011/LW Kolonel Infanteri Kapty Hertantyawan SH.,bersama Dandim Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono S.I.P.,M.I.P., dan Pemkab Aceh Utara mengatakan bahwa Ia bersama jajarannya siap mendukung dan menyukseskan Program yang telah digagas oleh Kodam IM dengan target 3.000 Hektar yang dibagi di tiga bagian wilayah di bawah naungan Kodam IM yaitu wilayah Timur Korem 011/LW dengan lahan 1.000 Hektar dan di wilayah Barat Korem 012/TU, 1.000 Hektar dan wilayah Tengah Kodim 0101/Abes 1.000 Hektar.

“Bulan Mei ini, Alhamdulillah Pangdam IM telah memulainya di Timur, Barat,dan tengah dan kami dari Korem 011/LW telah menyiapkan 1000 hektar lahan”, ungkap Danrem .

Disela kegiatan pengecekan kesiapan Lahan I'M JAGONG Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono S.I.P.,M.I.P., menambahkan untuk Lokasi penanaman lahan jagung di wilayah kodim 0103/Aceh Utara ada dua titik di Kecamatan Sawang dan Langkahan Kabupaten Aceh Utara dan tentunya Dandim sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh Kodam IM yang dimentori oleh Pangdam Iskandar Muda agar terciptanya ketahanan Pangan Diwilayah Aceh Khususnya Aceh Utara Tutup Dandim. (Jimbrown)

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*