Pisang Sale Lhok Nibong Ditetapkan Dalam Daftar WBTB Indonesia, LMC Ucapkan Selamat dan Apresiasi

Pisang Sale Lhok Nibong Ditetapkan Dalam Daftar WBTB Indonesia, LMC Ucapkan Selamat dan Apresiasi

0
DUNIAPOTRET.COM | Aceh Timur, Pisang Sale Lhok Nibong masuk dalam daftar 17 Warisan Budaya Tak Benda(WBTB) Indonesia yang di tetapkan oleh Kementrian Pendidikan, Kubudayaan, Riset dan TeknologI. yang di usulkan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur yang didampingi langsung Oleh Penggiat Budaya Ditjen Kebudayaan penempatan Aceh Timur. 30/09/2022

Masuk nya produk makanan tradisional khas Aceh Timur Pisang Sale Lhok Nibong dalam daftar WBTB Indonesia sebuah terobosan dan perjuangan yang luar biasa, kata Direktur LMC Dr.Firman Dandy. 4 Oktober 2022.

Menurut Firman Dandy, dengan masuk Pisang Sale Lhok Nibong dalam Daftar WBTB dan Hak Intelektual Komunal (HAKI) telah mendapatkan pengakuan secara legalitas dari pemerintah Pusat terhadap Karya Budaya Pisang Sale Lhok Nibong.

"Ini sebuah penghormatan dari Pemerintah Pusat terhadap khasanah budaya Aceh Timur," ujar  Firman Dandy.

Selanjutnya Firman Dandy berharap, dengan ditetapkannya pisang sale sebagai WBTB Indonesia dan HAKI (hak paten),  usaha produksi pisang sale bisa terus dilestarikan, baik metode pengolahan masih tradisional dan maupun pengemasan secara tradisional yang mencerminkan budaya lokal Lhok Nibong, 

"Selain itu usaha ini dapat meningkatkan produksi dan pemasaran pisang sale baik secara lokal di Kabupaten Aceh Timur maupun nasional, imbuh nya

 Terakhir ia berharapkan  adanya pelaksanaan Festival Tahunan di Kabupaten Aceh Timur yang bisa mendorong masyarakat untuk terus melestarikan pisang sale.

"Ini harus menjadi spirit semua pihak lintas sektor di Aceh Timur untuk mendukung dan mempertahan Makanan tradisional, 
Sehingga Pisang Sale menjadi branding makan khas daerah, yang punya daya tarik dan menjadi produk souvernir yang bernilai tinggi, harap Firman Dandy.

Sementara Muksin Alatas selaku tim supervise dan Penggiat Budaya dari Kemendikbudristik mengatakan masuk nya Pisang Sale Lhok Nibong dalam daftar 17 WBTB Indonesia yang usulkan Pemerintah Aceh bukan hal mudah.

Untuk masuk dalam daftar WBTB Indonesia bukan lah hal mudah, akan tetapi butuh proses dan perjuangan panjang, apalagi pihak Tim Ahli dalam sidang kedua pernah menangguhkan pisang sale ketahun 2023, ungkap Muksin.

Muksin menuturkan, masuk nya Pisang Sale Lhoknibong tak terlepas dukungan semua pihak, terutama peran aktif Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Majelis Adat Aceh (MAA), Bappeda Aceh Timur dan Pelaku Pisang Sale Lhok Nibong serta support dari Direktur dan lembaga Lentera Meuriya Center(LMC).

"Alhamdulillah berkat dukungan semua pihak terutama Kadis, Sekdis dan Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur Bapak Saiful Basri dan Bapak Suriadi, Muslim dan Suriadi serta Direktur LMC Firman Dandy, perjuangan tidak mengkhianati hasil, tutur Muksin Alatas yang putra Aceh Timur.

(Redaksi) 
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*