Elemen Sipil Akan Gelar Demontrasi Dugaan Pengelembungan Suara di Aceh Timur

Elemen Sipil Akan Gelar Demontrasi Dugaan Pengelembungan Suara di Aceh Timur

0
DUNIAPOTRET.COM | ACEH TIMUR Sekolompok orang yang menamakan diri masyarakat peduli keadilan Aceh Timur, akan melakukan aksi demonstrasi untuk menolak pleno Kabupaten yang dilaksanakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur.

Roni Hariyanto pelopor masyarakat peduli keadilan menerangkan, akan melakukan demonstrasi untuk menghentikan rapat pleno yang diadakan di Hotel Royal Idi Rayeuk.

"Kami berencana melakukan aksi demonstrasi di depan hotel Royal pada hari Minggu untuk menghentikan pleno karena terjadinya banyak kecurangan penggelembungan suara," kata Rony.

Menurutnya, aksi yang akan dilakukan itu juga untuk mendesak Panwaslih Aceh menindak laporan kecurangan yang masuk ke Sentral Gakkumdu.

"Jadi kami harap Gakkumdu menindak lanjuti laporan kecurangan yang masuk, dengan begitu maka rapat pleno harus dihentikan sementara sampai laporan kecurangan itu diusut," ungkapnya.

Klik Berita Lainnya di TV7



Sementara itu Yunan Nasution yang juga tergabung dalam masyarakat peduli keadilan menyampaikan bahwa pemilu itu terbentuk dari enam asas yaitu ,langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Setiap penyelenggara harus berlaku jujur dan adil, dan kita melihat hari ini enam ada tersebut tidak ada, dan KPU dipermalukan dengan apa yang terjadi di Aceh Timur," tutur Yunan

Ia menekankan, Pemilu 2024 di Aceh Timur bertentangan dengan PKPU nomor 5 tahun 2024, dimana kecurangan yang terjadi di tingkat Kecamatan oleh PPK tidak diselesaikan.

"Kami sangat menyayangkan hal ini terjadi, jadi kita berharap KIP Aceh Timur mengembalikan setiap penggelembungan suara itu, karena disitu ada hak-hak dari masyarakat yang terzalimi,"
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*