YARA Kirim Surat Terbuka Kepada Direktur PT Medco EP Malaka, Baca isinya...

YARA Kirim Surat Terbuka Kepada Direktur PT Medco EP Malaka, Baca isinya...

0
Foto, Safaruddin, Ketua YARA, YouTube Serambinews


BANDA ACEH, DUNIA POTRET.COM - Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin, meminta kepada PT Medco E&P Malaka yang beroperasi di Aceh Timur agar tidak menjadi penyebab timbulnya konflik baru di Aceh.

YARA meminta berbagai permasalahan masyarakat sekitar pertambangan dengan Medco harus diselesaikan dengan persuasif dan mengambil langkah preventif untuk tidak terjadi permasalahan perusahaan dengan masyarakat di sekitarnya. 

YARA sendiri telah mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Direktur PT Medco E&P Malaka dan ditembuskan kepada Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) selaku regulator Migas di Aceh.

"Kami minta agar PT Medco E&P Malaka dapat melakukan langkah-langkah preventif dan persuasif terhadap keluhan masyarakat yang disampaikan kepada kami, jangan sampai Medco menjadi pemicu konflik di Aceh," tulis Safar dalam surat tersebut. 

YARA, kata Safaruddin, menerima sejumlah keluhan dari masyarakat sekitar tambang Medco, seperti, penerimaan tenaga kerja sangat sedikit mengakomodir masyarakat sekitarnya.

Kemudian partisipasi lokal dalam berbagai kegiatan pemberdayaan kemitraan sangat kecil. Timbulnya kecemburuan warga lokal lingkar tambang dengan pekerja yang dari luar. Adanya dugaan upaya untuk mengeliminasi tenaga kerja lokal dengan berbagai operandi sehingga ada alasan untuk di eliminasi sebagai pekerja di PT Medco E&P Malaka. 

Selanjutnya, mengutip AJNN, Safarudin mencontohkan potensi konflik dengan warga lokal seperti yang terjadi dengan seorang eks kombatan GAM Fakruddin alias Robot. "Itu dapat menganggu keamanan dan perdamaian di Aceh," kata Safaruddin dalam keterangan tertulisnya seperti dikirim ke Media AJNN, Minggu, 21 Januari 2024. 

Dalam penyampaiannya melalui rilis yg dikirim ke media Safar menulis kepada Presiden Direktur PT Medco E&P bahwa salah satu pemicu konflik Aceh dahulu adalah ketidak adilan pengelolaan sumber daya alam Aceh yaitu sumber daya alam yg dikelola tidak memberi dampak peningkatan kesejahteraan yang adil dan merata bagi masyarakat Aceh. 

Harapan YARA kepada PT Medco agar hal tersebut tidak terjadi kembali dengan hadirnya PT Medco E&P Malaka di Aceh.***

Salinan ini telah tayang di https://www.ajnn.net/news/yara-minta-pt-medco-jangan-ciptakan-konflik-baru-di-aceh/index.html.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*