Puting Beliung Melanda Desa Buket Kulam dan Jungka Gajah Aceh Timur, Puluhan Rumah Warga Rusak

Puting Beliung Melanda Desa Buket Kulam dan Jungka Gajah Aceh Timur, Puluhan Rumah Warga Rusak

0
Foto, Pohon tumbang melintang diatas badan jalan desa (Maimunzier)

Aceh Timur, Duniapotret.com | Angin puting beliung yang datang tiba-tiba saat hujan deras mengguyur Gampong (Desa) Buket Kulam dan Jungka Gajah kecamatan Darul Aman (Idi Cut) Kabupaten Aceh Timur mengakibatkan sebanyak 14 rumah di dua Gampong (Desa) tersebut mengalami kerusakan. Kamis 15 Juli 2023

Keuchik (kepala desa) Buket Kulam, Mukhtaruddin, saat dihubungi menyebutkan angin puting beliung itu terjadi saat hujan deras kemarin, Rabu (16/6) sekitar pukul 19.00 WIB. 

"Akibatnya, tujuh rumah didesanya mengalami rusak berat dan enam unit rumah lainnya mengalami rusak ringan," kata Mukhtaruddin.

Adapun mayoritas rumah warga itu mengalami kerusakan dibagian atap karena angin kencang, dan ada juga yang rumahnya ditimpa pohon mangga yang tumbang.

Saat ini, kata dia, bantuan yang diperlukan oleh warga itu alat dan perkakas untuk membersihkan puing-puing material bangunan yang berserakan dan pohon yang tumbang ke atap rumah.

"Kami butuh bantuan segera, karena sayang rumah warga tidak ada atap takutnya hujan lagi. Dan alat pemotong kayu untuk membersihkan pohon yang tumbang ke rumah warga," kata Mukhtaruddin.

Selain rumah, kata Mukhtaruddin, hujan deras di sertai angin kencang tersebut juga menyebabkan pohon tumbang menutupi badan jalan antar desa, sehingga warga yang melintas tidak dapat melewatinya. 

"Alhamdulillah, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Cuma kerugian diperkirakan per rumah Rp5 hingga Rp10 juta," ujar Mukhtaruddin. 

Bukan hanya di Buket Kulam, Sekretaris Desa Jungka Gajah, Ihsan, juga menyebutkan, pihaknya juga tengah melakukan pendataan terhadap rumah yang mengalami kerusakan. 

"Yang sudah kami data baru satu unit yang mengalami rusak," kata Ihsan.

Reporter : Maimunzier
Editor : Ayahdidien 

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*