Banjir Malaysia Memaksa Puluhan Ribu Orang Mengungsi

Banjir Malaysia Memaksa Puluhan Ribu Orang Mengungsi

0
ILUSTRASI. Kota-kota Malaysia tergenang air berlumpur setelah hujan lebat. REUTERS/Rozanna Latiff 

DUNIAPOTRET.COM | KUALA LUMPUR, Kota-kota Malaysia tergenang air berlumpur setelah hujan lebat, rekaman yang dibagikan di media sosial dan diverifikasi oleh Reuters menunjukkan pada Rabu, memaksa lebih dari 72.000 orang mengungsi karena hujan dan banjir.

Setidaknya dua orang tewas saat banjir melanda lima negara bagian minggu ini, dan pihak berwenang telah mendirikan ratusan tempat penampungan bantuan karena jumlah orang yang mengungsi bertambah.

Video di media sosial menunjukkan air coklat mengalir ke ladang dan jalan, menenggelamkan mobil dan menyebabkan sungai meluap.

Responden darurat terlihat mengarungi air setinggi pinggang untuk menyelamatkan korban.

Departemen Pengairan dan Drainase (DID) telah memperingatkan lebih banyak banjir di hari-hari mendatang karena musim hujan, yang berlangsung dari Oktober hingga Maret.

Pihak berwenang mendesak warga untuk mengungsi jika memungkinkan.

Para ahli mengatakan urbanisasi yang cepat dan konversi hutan menjadi pemukiman dan pertanian industri bahkan membuat daerah pedalaman, termasuk ibu kota Kuala Lumpur, semakin rentan terhadap banjir ekstrem karena badai hujan meningkat akibat perubahan iklim.***

Sumber: Kontan.co.id/Reuters.com
Editor: Ayahdidien
Publish: Ayahdidien 

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*