Kesaksian Korban Exxon Mobil di Aceh, Menlu China dan Rusia Walk Out, Jadi Berita Top 3 Dunia

Kesaksian Korban Exxon Mobil di Aceh, Menlu China dan Rusia Walk Out, Jadi Berita Top 3 Dunia

0

DUNIAPOTRET.COM | Dunia pekan ini dihiasi oleh 3 berita top yang menjadi perhatian masyarakat dunia sejak Jumat 5 Agustus 2022.

Adapun di urutan ketiga, Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov walk out dari pertemuan ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, pada Jumat, 5 Agustus 2022, ketika delegasi Jepang berpidato.

Melansir Tempo.co, berikut berita Top 3 Dunia selengkapnya:

1. Top 3 Dunia: Anggota Kongres AS Tewas, Zelensky Minta Bantuan China

Berita Top 3 Dunia pada Kamis 4 Agustus 2022 diawali oleh kabar tewasnya anggota Kongres Amerika Serikat Jackie Walorski dan dua stafnya dalam kecelakaan mobil.

Sedangkan di urutan kedua, sebuah komite PBB memutuskan bahwa Prancis mendiskriminasi seorang wanita Muslim yang dilarang menghadiri pelatihan kejuruan di sekolah umum karena mengenakan jilbab.

Adapun di urutan ketiga, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta bantuan China untuk mengakhiri perang dengan Rusia.

Baca berita selengkapnya di sini

2. Setelah 21 Tahun, Kesaksian Korban ExxonMobil di Aceh Dibacakan di Pengadilan AS

Seperti dilansir Nation World News, Kamis 4 Agustus 2022, Hakim Royce C. Lambert mengeluarkan memorandum setebal 85 halaman berisi kesaksian dari para korban pada Selasa lalu.

Sebagian besar saksi menolak pembelaan ExxonMobil atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia perusahaan.

Ke-11 penduduk desa dari Provinsi Aceh tersebut menyatakan bahwa mereka dan anggota keluarga mereka disiksa, diserang secara seksual, diperkosa dan dipukuli di dalam dan sekitar pabrik minyak dan gas ExxonMobil yang terletak di kota Lhoksukon selama akhir 1990-an dan awal 2000-an.

Baca berita selengkapnya di sini

3. Kompak, Menlu China dan Rusia Walk Out dari Pertemuan ASEAN

Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov walk out dari pertemuan ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, pada Jumat, 5 Agustus 2022, ketika delegasi Jepang berpidato.

AMM atau pertemuan tingkat menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara itu dibayangi oleh ketegangan di Selat Taiwan.

Baca berita selengkapnya di sini

SUMBER: REUTERS | NATION WORLD NEWS | AL JAZEERA | TEMPO


By redaksi

Editor YahDien

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*