Kebiasaan Buruk Pengisian Daya yang Dapat Merusak HP Anda

Kebiasaan Buruk Pengisian Daya yang Dapat Merusak HP Anda

0


DUNIAPOTRET.COM | Mengisi daya telepon bukanlah hal yang sepele dan itu sesuatu kita semua harus lakukan setiap hari. Tetapi berapa banyak yang Anda ketahui tentang mengisi daya telepon Anda? Kebiasaan pengisian daya yang buruk yang terus menerus dilakukan mungkin sudah merusak telepon Anda. Lihatlah apakah Anda memiliki kebiasaan tersebut.

Kebiasaan buruk 1: Menggunakan titik pengisian daya umum

Titik pengisian daya dapat ditemukan di semua tempat di pusat perbelanjaan, bioskop, stasiun, dan tempat-tempat publik lainnya. Saat Anda bepergian dan telepon kehabisan baterai, Anda biasanya mencari titik pengisian daya untuk mengisi daya telepon, tetapi apakah hal ini benar-benar aman? Saat menggunakan titik pengisian daya, biasanya akan ada notifikasi yang menyembul untuk mengizinkan debugging. Umumnya, telepon hanya dapat diisi daya setelah debugging diizinkan. Jika Anda mengizinkan debugging, Anda berisiko mengungkapkan informasi secara terbuka seperti foto, pesan SMS, kontak, dan bahkan informasi rekening bank kepada para penjahat. Kaget dengan bahaya ini? Oleh karena itu, kecuali dalam keadaan khusus, sebaiknya Anda mengisi daya telepon di rumah dan sebisa mungkin hindari menggunakan titik pengisian daya publik.

Kebiasaan buruk 2: Menunggu sampai baterai hampir habis sebelum mengisi daya

Ada beberapa orang yang menunggu sampai baterai telepon mereka hampir habis sebelum berpikir untuk mengisi dayanya lalu mengisi dayanya hingga penuh dalam satu periode pengisian daya. Faktanya, hal ini sangat mempercepat degradasi baterai dan mengurangi usia pakai baterai. Oleh karena itu, jangan tunggu sampai baterai sangat rendah untuk mengisi dayanya karena telepon Anda dapat diisi daya setiap saat. Tidak apa-apa jika sedikit mengubah kebiasaan ini!

Kebiasaan buruk 3: Mengisi daya telepon baru hingga penuh selama 12 jam

Saat sebagian orang membeli telepon baru dan mengisi dayanya untuk pertama kali, mereka biasanya menghabiskan daya baterai terlebih dahulu lalu mengisi dayanya hingga penuh selama 12 jam. Inilah yang sering disebut sebagai aktivasi panggilan. Hal ini perlu dilakukan pada telepon yang dikeluarkan pada masa lalu, tetapi baterai lithium yang digunakan pada masa sekarang tidak memerlukan hal ini. Bahkan, sebagian besar telepon sudah memiliki daya baterai minimal 50% saat meninggalkan pabrik, dan baterai telepon pintar bekerja paling optimal pada daya baterai 40%-80%. Oleh karena itu, saat mengisi daya telepon baru untuk pertama kalinya, tidak perlu menghabiskan dahulu daya baterainya, atau mengisi daya telepon selama 12 jam. Lakukan pengisian daya seperti biasa.

Kebiasaan buruk 4: Tidak pernah membersihkan port pengisian daya

Mungkin beberapa orang akan membaca hal ini dan berpikir bahwa proses pengisian daya hanyalah pengisian daya saja dan bertanya-tanya mengapa mereka juga harus membersihkan port pengisian daya, atau mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membersihkan port pengisian daya yang kecil tersebut. Bingung? Faktanya, setelah digunakan untuk waktu yang lama, port pengisian daya akan mengumpulkan debu. Jika port pengisian daya ini tidak pernah dibersihkan, akan menyebabkan buruknya kontak antara port pengisian daya dan kabel data, hal ini akan menyebabkan pengisian daya yang lebih lambat, dan pada kasus yang parah, telepon Anda dapat gagal mengisi daya. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan port pengisian daya dari waktu ke waktu dan cukup dilap dengan cepat. Sedikit melakukan pekerjaan ini tidak akan melukai Anda.

Kebiasaan buruk 5: Tidak menggunakan kabel/kepala pengisian daya asli

Tidak menggunakan pengisi daya/kabel yang asli saat mengisi daya telepon Anda akan menimbulkan risiko keamanan potensial dan memengaruhi kecepatan pengisian daya. Oleh karena itu, Anda harus mencoba menggunakan kepala/kabel pengisian daya saat mengisi daya, karena mereka sudah dikembangkan secara khusus untuk telepon Anda, dan memastikan pengisian daya yang aman dan kecepatan pengisian daya yang terjamin.

Sebaiknya Anda memerhatikan poin-poin pengisian data telepon yang disebutkan di atas agar menghindari sejumlah risiko keamanan potensial. Apakah Anda kini jadi lebih bijak setelah membacanya?

Teks dan gambar di dalam artikel ini hanya sebagai referensi. Lihat fungsi aktual yang disediakan oleh telepon dan antarmuka tampilan aktual.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*