Bisa Bikin Mata Rusak sampai Buta, Gegara Kebiasaan ini !

Bisa Bikin Mata Rusak sampai Buta, Gegara Kebiasaan ini !

0
Ilustrasi Mata ( Ist Pexels)
Foto: Ilustrasi Mata ( Ist Pexels)

DUNIAPOTRET.COM - Mata merupakan salah satu organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Sebab, satu masalah kecil pada mata bisa sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. 

Kendati demikian, banyak orang tidak menyadari bahwa aktivitas tertentu yang terkesan sepele dapat memicu kerusakan mata. Lantas apa sajakah itu? Berikut adalah kebiasaan yang membuat mata rusak:

1. Menatap layar terlalu lama

Terlalu sering membaca teks kecil di ponsel bisa membuat mata Anda sakit dari hari ke hari - terutama jika Anda melakukannya selama berjam-jam yang membuat mata Anda bekerja terlalu keras. Kebiasaan buruk itu juga bisa menyebabkan penglihatan kabur, mata kering, pusing, dan mual.

Selain itu, melihat layar tepat sebelum tidur dalam kegelapan, termasuk ponsel, e-reader, televisi, dan komputer Anda, tidak baik untuk mata.

Tingkat cahaya berubah dengan cepat, sehingga mata Anda harus bekerja keras untuk memproses perubahan, yang dapat menyebabkan kelelahan mata, nyeri, sakit kepala, mata kering, dan kemerahan.

2. Tidur dengan lensa kontak

Terkadang, saat sudah larut dan lelah, Anda mungkin malas melepas lensa kontak. Namun, patut diingat bahwa itu bukan alasan untuk kemudian tidur saat masih menggunakannya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC), hampir satu juta orang Amerika mengunjungi dokter mata setiap tahun karena infeksi yang berhubungan dengan memakai lensa kontak. Saat Anda melepasnya di malam hari, pastikan tangan Anda bersih dan Anda menggunakan larutan lensa kontak ekstra.

3. Menggosok mata 

Menggosok mata adalah dosa besar, apalagi jika dilakukan dengan sangat kasar karena dapat merusak pembuluh darah di bawah kelopak mata. Untuk menenangkan mata yang iritasi, cobalah kompres dingin sebagai gantinya.

4. Terlalu banyak menggunakan tetes mata

Meski obat tetes bisa meringankan mata kering, tapi menggunakannya terlalu sering sebenarnya bisa mengiritasi mata Anda seiring waktu.

American Academy of Ophthalmology (AAO) memperingatkan bahwa obat tetes mata tanpa resep tidak benar-benar meningkatkan kesehatan mata Anda, mereka hanya membuat mata Anda tampak kurang merah.

5. Tidak pakai kacamata pengaman

Memakai kacamata safety wajib hukumnya apabila Anda melakukan pekerjaan pertukangan. Sebab, bisa saja ada proyektil yang tiba-tiba loncat dan melukai mata Anda hingga menyebabkan kebutaan.

Karena itu, selalu kenakan kacamata pengaman setiap kali ada kemungkinan sesuatu bisa terbang ke mata Anda.(CNBC)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*